Wednesday, October 22, 2008

Sharing Pengalaman Menyusui II

Moms... Ada Sharing lagi nih



NAMA : HASRIANI ISHAK, S.Si

TTL : PARENGKI/ MAKASSAR

18 FEBRUARI 1979

ALAMAT : TERBAN SARI NO 10 Jogjakarta

NO HP : 085256070xxx

NAMA ANAK : ARIQAH RIF’AT RAFILAH SAPSUHA

TTL ANAK : TERNATE, 14 FEBRUARI 2007


PENGALAMAN ASI EKSKLUSIF

Menikah dan punya anak merupakan keinginan terbesarku, dan pertengahan tahun 2006 keinginan saya itu terkabul karena setelah 1 bulan menikah dokter menyatakan kalau saya positif hamil, meski harus bolak balik opname di rumah sakit karena kondisi fisik saya yang lemah saya sangat bahagiah menjalaninya.

Pada tanggal 13 Februari 2007 tiba-tiba air ketuban pecah, Pecah Ketuban Dini (PKD) di usia kehamilan 34 minggu aku harus dirawat di rumah sakit untuk menghentikan keluarnya air ketuban atau besoknya harus operasi tapi Alhamdulillah pada pukul 00.07 anak saya lahir normal dengan selamat dengan berat lahir 2.5 Kg.

Setelah melahirkan dengan selamat timbul masalah baru. Aku sulit memberi ASI pada anakku karena kondisi kedua puting payudara masuk ke dalam ( jadi anak saya ngak bisa hisap). Akhirnya dengan bantuan spoit dan pompa ASI ibu bidan yang membantu persalinanku memompa sedikit-sedikit ASIku dan memberikannya pada anakku. Aku dan suamiku sedih sekali...

Pada esok harinya seorang teman datang membesuk dan melihat keadaan kami seperti itu maka diapun menawarkan pompa ASInya kepadaku yang langsung tertampung di botol... karena malu di lihat orang akhirnya setelah 1 malam menginap di rumah sakit aku dan suamiku memutuskan untuk pulang ke rumah dan setelah konsultasi dengan dokter dan meminta resep obat untuk memperlancar ASI akhirnya kami di izinkan pulang.

Sebenarnya banyak informasi yang kami terima bahwa kalau bayi tidak menyusu langsung produksi ASI akan berkurang. Tapi aku dan suamiku tidak langsung menyerah dan tetap mencoba dan sekali lagi Aku merasa bersyukur kepada Allah SWT, karena ASI saya sangat banyak (satu kali pompa biasa dapat 180ml/ 2 atau 3 jam), dan juga sama suamiku tercinta yang sangat telaten mencari/ merebus daun katuk serta mencari jamu untukku.

Kami membeli botol yang banyak untuk menampung ASI karena setelah saya pompa dan anak saya belum mau minum biasanya kami simpan dulu di kulkas nanti lapar baru botol yang berisi ASI di rendam Air panas supaya susunya Hangat kembali. Meskipun Mubazzir karena kami hanya memberinya 1 kali kalau ada sisa kami buang.. dan Alhamdulillah bayi saya minum ASInya sangat bagus karena jarang-jarang tersisa.

Rutinitas pemberian ASI seperti itulah yang kami lakukan tiap hari sampai anak saya berumur 5 Bln lebih tiba-tiba pompa ASI rusak dan tidak ada di jual di tempat kami dan setelah tanya teman ternyata dia belinya di makassar. Akhirnya kami langsung hubungi adik di makassar untuk beli dan kirim hari itu juga dan 2 hari kemudian sudah sampai dan selama 2 hari itu saya masih menggunakan pompa yang rusak dengan menambalnya dengan menggunakan isolasi meskipun hasilnya tidak maksimal tapi cukuplah untuk memenuhi kebutuhan anakku sambil kami mulai mengajarinya makan. karena meski begitu saya masih ngotot tidak mau memberi susu formula ke anakku aku takut anakku tidak cocok dan akan terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Mungkin karena pompa kurang bagus selama 2 hari akhirnya produksi ASI saya sudah mulai berkurang dan 1 minggu setelah anak saya berumur 6 bulan kebetulan PIL KB saya dari dokter untuk ibu menyusui habis. Saya dan suami saya keliling kota cari di Apotik tapi tidak ada ( maklum ibukota profinsi baru/ Ternate Maluku Utara) akhirnya saya mengkonsumsi PIL KB biasa dan ternyata ASI saya langsung kering. Saya sedih sekali untung suami saya selalu menghibur. Tapi yah.. ga apa-apalah umurnya juga sudah lebih 6 bulan..

Alhamdulillah selama 6 bulan anak saya jarang sakit bahkan hampir tidak pernah. Dan ternyata semua bisa kita lakukan asal ada niat dan kemauan dan tentunya bantuan suami sangat di butuhkan. Dan usaha kami sekarang hasilnya sungguh luar biasa anak kami tumbuh sehat dan cerdas.

Keuntungannya memberi ASI dengan Pompa anakku bisa tetap minum ASI meski aku beraktifitas di luar rumah dan waktu istirahatku tidak terganggu karena suami saya juga bisa memberi ASI.

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online