Friday, May 8, 2009

Etiket Komunitas JPC

assalamialaikum
saya mengusulkan semacam netiket ( karena tidak di net namanya etiket) etiket komunitas JPC yang perlu kita tuliskan hitam di atas putih, sebagaimana kita mendapatkan hal yang sama ketiak berkumpul di afb atau milis lainnya.
ETIKET komunitas JPC

1. JPC adalah perpanjangan tangan dari komunitas asiforbaby@yahoogroups.com. Dengan demikian visi-misi utama JPC adalah menjadi komunitas PRO ASI demi tumbuh kembang anak Indonesia menajdi generasi terbaik.
2. Yang bergabung dengan JPC adalah keluarga ( boleh ibu/bp/anak) yang emndukung penggunaan ASI. Sekalipun belum berhasil melaksanakan ASIX atau ASI 2 tahun, tetap harus memiliki pandangan positif dengan ASI. Penerimaan anggota tetap akan dirumuskan melaui rapat pengurus, dengan asumsi anggota telah aktif minimal 3 kali kegiatan.
3. Kegiatan JPC diutamakan mendukung misi pemberdayaan ibu melalui ASI
4. Kegiatan yang menjadi pendukung adalah kegiatan dengan topik yang sinergis dengan tumbuh kembang anak melalui pendidikan & parenting yang sehat.


Beberapa hal yang perlu diatur antara lain:
1. Tidak diperkenankan melibatkan unsur-unsur yang bersifat penghambat pemberdayaan ASI, termasuk susu formula, dot dan lain-lain yang tidak sesuai dengan visi-misi ASI. Hal ni termasuk dalammenjalin sponsorship.
2. Tidak diperkenankan menjadi perpanjangan tangan produk / bisnis tertentu kecuali melalui mekanisme kerjasama yang disepakati oleh pengurus.
3. Kegiatan gathering bulanan harus diisi dengan topik ASI dan pendidikan anak ( berselang-seling ) dengan menghadirkan narasumber yang kompeten. Penentuan narasumber dikonsultasikan dengan bagian edukasi ( mbak Fitri, mbak Dwi).
4. Kegiatan bisnis personal perlu dihargai namun harus menimbang etika komunitas. Kegiatan bisnis personal diijinkan dengan melalui jalur non formal ( jalur pribadi/ ramah-tamah). Pelaksanaan kegiatan bisnis diberikan waktu pada akhir kegiatan ( setelah topik utama dan sharing JPC selesai).
5. Dengan demikian agenda standar adalah :
1. pembukaan
2. Topik utama
3. Sharing
4. ramah tamah ( bebas)
hal ini diatur agar menjaga independensi JPC

Trims
Kun Sri Budiasih
Ketua Jogja Parenting Club

No comments:

 

blogger templates | Make Money Online